Selasa, 29 Juli 2008

5 filosofi yang terkemuka

1.Thales
thales digelari sebagai bapak filsafat karena dialah orang yang mula-mula berfilsafat. gelar itu diberikan karena dia mengajukan pertanyaan yang sangat mendasar yaitu "apa sebenarnya bahan alam semesta ini ? " dia mengajukan pertanyaan sendiri lalu menjawabnya sendiri dia menjawab air karena dia beranggapan bahwa air sebagai sesuatu yang amat diperlukan dalam kehidupan dan menurutnya juga bumi ini terapung diatas air. pertanyaannya itu dijawabnya sendiri dengan menggunakan akal bukan menggunakan agama atau kepercayaan lainnya.
2. Anaximander
dia mencoba menjelaskan bahwa substansinya yang pertama itu bersifat kekal dan ada dengan sendirinya, dia juga mengatakan itu adalah udara karena menurutnya udara merupakan sumber segala kehidupan, menurutnya bukti kebenaran teori dalam filsafat terletak pada logis atau tidaknya argumenyang digunakan bukan terletak pada kongklusi.
3. Socrates
dia seorang yang penganut moral yang absolut dan meyakini bahwa menegakan moral merupakan tugas filosof, yang berdasarkan idea-idea rasional dan keahlian dalam pengetahuan.
4. plato
plato lahir pada tahun 427 M dari keluarga bangsawan Athena. contoh dan teladan besar bagi plato adalah socrates. pada umur 40 tahun plato pindah ke istana Dionysios 1 di kota sirakus, sisilia.
5.phytagoras
dia lahir di pulau samos yang termasuk daerah lonia. dia mengembalikan segala sesuatu kepada bilangan. semua realitas dapat di ukur dengan bilangan. karena itu dia berpendapat bahwa bilangan adalh unsur pertama.

Tidak ada komentar: